Final Liga Eropa: Unai Emery & Maurizio Sarri head to head

Perjalanan sejauh 6.000 mil ke Baku untuk klimaks Liga Europa akan memberikan putusan yang menentukan pada musim pertama mereka yang bertanggung jawab untuk manajer Arsenal Unai Emery dan timpalannya dari Chelsea Maurizio Sarri.

Final akan membentuk bagaimana kampanye mereka dilihat - meskipun untuk Italia Sarri tidak ada jaminan bahwa bahkan kemenangan akan melihat dia menyerahkan musim kedua di Stamford Bridge.

Trofi utama Eropa dipertaruhkan. Pekerjaan Sarri mungkin dipertaruhkan. Dan masa depan Arsenal dipertaruhkan, karena mereka tahu hanya kemenangan yang akan membawa mereka ke kekayaan Liga Champions musim depan.

Jadi, siapa yang paling sering berkonfrontasi dengan Azerbaijan dalam konfrontasi - Unai Emery atau Maurizio Sarri?

pa arti final Liga Eropa untuk Sarri?

Final mungkin berarti sedikit lebih dari kesimpulan sukses untuk musim yang kompleks dan kontradiktif untuk perokok Italia, yang tiba di Chelsea setelah pekerjaannya di Napoli menarik referensi dari krim tanaman pelatihan, termasuk Pep Guardiola dari Manchester City.

Ini mungkin peringkat sebagai sesuatu yang Sarri tinggalkan untuk mengingat Chelsea.

Musim Sarri di Chelsea telah dilakukan dengan latar belakang ketidakpuasan di antara para pendukung yang mulai bosan dengan pergantian pemainnya yang dapat diprediksi - yang mencapai titik terendah pada bulan Februari ketika ia pergi ke pengganti Mateo Kovacic dengan Ross Barkley (itu juga sebaliknya di berbagai lainnya poin), disambut dengan tawa ironis, sorakan dan nyanyian "Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan" dari para penggemarnya selama kekalahan putaran kelima Piala FA dari Manchester United di Stamford Bridge.
Itu terjadi setelah kekalahan 4-0 di Bournemouth dan penganiayaan 6-0 oleh Manchester City dan sesaat sebelum tantangan terbuka kiper Kepa Arrizabalaga kepada otoritas Sarri ketika ia menolak untuk diganti dalam final Piala Carabao di Wembley sebelum adu penalti yang kemudian dilakukan Chelsea kalah dari Manchester City.

'Sarri-ball' yang banyak digembar-gemborkan, yang dimaksudkan untuk menjadi sepak bola menyerang dengan kecepatan tinggi yang menggabungkan pertukaran yang mendesak dan pendek, ternyata sangat membosankan dan relatif mudah digemuruh oleh tim-tim dari kelas yang lebih tinggi..
Dia juga mengasingkan penggemar Chelsea dengan meminggirkan N'Golo Kante, yang dianggap sebagai pemain lini tengah terbaik di sepakbola dunia, di sisi kanan gelandang beranggotakan tiga orang untuk mengakomodasi putra kesayangannya dan membeli uang besar Jorginho di posisi favorit pemain Prancis itu. . Dia sama sekali tidak di kelas Kante sebagai operator semacam itu.

Penggunaan Sarri (atau kurangnya penggunaan) remaja dewasa sebelum waktunya, Callum Hudson-Odoi juga menjadi masalah, dengan manajer Inggris Gareth Southgate tampaknya menunjukkan lebih percaya pada bakatnya, bahkan ke titik di mana tampaknya bakat muda yang luar biasa ini bertekad untuk meninggalkan klub. Cedera tendon Achilles yang serius telah menghentikan itu untuk saat ini.

Persentase kemenangan mereka di Liga Premier adalah 55,3% dari 38 pertandingan, dengan jumlah kemenangan yang sama persis, 21, seperti Emery. Rasio keseluruhan adalah 61,3% sangat terhormat dari 62 pertandingan sejauh ini.
Masalah Sarri, bagaimanapun, telah melampaui bidang permainan.

Tidak ada hubungan antara dia dan para penggemar Chelsea, bahkan dengan kehadiran legenda Stamford Bridge Gianfranco Zola membantu membentuk ikatan.

Namun, jika dia menang di Baku, Sarri mungkin dapat memberikan kasus yang kuat kepada pemilik Chelsea Roman Abramovich bahwa dia sebenarnya telah memenuhi tugasnya dan pantas untuk membangun dalam 12 bulan terakhir.
Jika bola kristal musim Sarri pada bulan Agustus telah memprediksi finish di tempat ketiga, final Piala Liga hanya kalah dari adu penalti kepada tim yang menyelesaikan penyisiran bersih domestik dan penampilan di final utama Eropa, tentu ini akan dianggap sebagai dapat diterima?

Jika ia mencapai ini di klub lain akan ada pembicaraan tentang perpanjangan kontrak bukan bagian dari cara.

Chelsea finis di urutan kelima di bawah Antonio Conte dan meskipun Piala FA dimenangkan, hubungannya dengan hierarki klub retak.

Apakah orang lain akan melakukan yang lebih baik? Tidak ada yang menandai Chelsea turun sebagai penantang gelar yang serius, tetapi mereka selesai di depan Tottenham dan di belakang dua tim Liga Premier yang luar biasa dalam memori baru-baru ini.

Final Liga Eropa ini sangat berarti bagi Sarri - apakah itu berarti banyak baginya di Chelsea atau di tempat lain masih harus dilihat.
Jika Chelsea menang, dia dapat memberikan bukti nyata keberhasilannya kepada Abramovich dan bahkan dapat membujuk Rusia bahwa alternatif, seperti Frank Lampard, adalah visi romantis daripada visi realistis.

Jika itu tidak cukup untuk Chelsea, pemandangan Sarri yang memegang trofi Liga Europa tinggi-tinggi akan mengkonfirmasi di mata raksasa Serie A seperti Juventus, Roma atau bahkan AC Milan, bahwa ini adalah pelatih yang serius yang harus diberi penghargaan di tanah airnya dia mungkin merasa dia tidak pernah diberikan di Inggris.
Apa arti final Liga Eropa untuk Unai Emery?

Ini berarti kembalinya ke wilayah yang sudah dikenalinya bagi pria yang telah menjadikan turnamen ini spesialisasi yang spektakuler - memenangkannya tiga kali berturut-turut di Sevilla, kali terakhir ketika secara mengesankan mengalahkan Jurgen Klopp dan Liverpool di Basel pada 2015.

Emery telah menunjukkan sentuhan yakin seorang ahli dalam membimbing Arsenal melewati Napoli dan Valencia di babak sistem gugur dan, dari sudut pandang pribadi, kemenangan di Baku hanya akan memperkuat kepercayaan diri dari hierarki The Gunners bahwa mereka memiliki orang yang tepat untuk bergerak klub ini maju setelah 22 tahun masa pemerintahan Arsene Wenger.

Namun, dalam banyak hal, mengatasi Chelsea pada hari Rabu akan lebih berarti bagi masa depan jangka panjang Arsenal daripada masa depan Emery, yang akan diberikan waktu dan kesabaran untuk membentuk klub terlepas dari hasil di Azerbaijan.
Risiko Arsenal jatuh terpaut lebih lanjut dari elit Liga Premier jika mereka keluar dari Liga Champions untuk musim lain - terutama dengan tetangga Spurs, yang tinggal dalam bayang-bayang mereka begitu lama, bersaing dengan final Liga Champions dengan Liverpool di Madrid pada hari Sabtu.

Bagi Emery, mengamankan statusnya sebagai orang yang memenangkan trofi Eropa pertama Arsenal sejak Piala Winners Eropa 1994 akan meningkatkan kepercayaan dirinya dan orang-orang yang mempekerjakannya.

Untuk mengklaim trofi untuk keempat kalinya sebagai manajer juga akan menjadi prestasi pribadi yang luar biasa.

Ini akan, secara krusial, berarti kampanye Arsenal pertamanya akan dianggap sebagai keberhasilan di dua front - piala di kabinet dan kembali ke papan atas sepak bola Eropa setelah basi berakhir ke era Wenger.

Emery dapat menunjuk kabinet trofi sebagai bukti kualitas dan metodenya setelah musim pasang dan surut.
Kampanye pertamanya yang bertanggung jawab termasuk urutan 22 pertandingan tak terkalahkan dan tampilan laris ketika Spurs tersingkir 4-2 pada bulan Desember, tetapi juga menampilkan catatan tandang suram yang menyabotase harapan mereka untuk finis di empat besar.

Arsenal memiliki rekor liga rumah ketiga terbaik dengan 14 kemenangan, tiga imbang dan dua kerugian, tetapi jauh dari rumah mereka berada di urutan kedelapan, bahkan di belakang Crystal Palace, dengan hanya tujuh kemenangan dan delapan kekalahan.

Itu, dalam pembelaan Emery, adalah salah satu dari banyak masalah yang ia warisi alih-alih diciptakan, tetapi solusinya masih luput darinya.

Arsenal masih jauh dari rumah di Baku - dan sementara kemenangan akan menjadi vital bagi Emery, itu bahkan lebih penting bagi The Gunners dan perkembangan mereka, setelah skuad dibiarkan jatuh dalam kehancuran di hari-hari terakhir Wenger.
Putusan

Final Liga Eropa sangat besar bagi Sarri karena jika dia menang, itu membuktikan dia bisa mendapatkan trofi utama. Apakah itu cukup untuk menyelamatkannya di Chelsea adalah masalah lain, tapi itu tentu akan membakar CV-nya apakah dia tetap atau pergi.
Masa depan Emery tidak akan ditentukan oleh game ini. Dia adalah proyek jangka panjang untuk klub yang digunakan untuk stabilitas manajerial.

Musim Arsenal dan masa depan segera akan ditentukan olehnya, karena itu adalah Baku atau bust sejauh ambisi Liga Champions mereka. Menang dan mereka dapat meningkatkan rencana mereka untuk musim panas - kalah dan bisa dibilang sebagai musim di mana waktu masih terhenti di bawah Emery.

Komentar